Inilah Makanan yang Kaya Vitamin D untuk Meningkatkan Imunitas

Vitamin D adalah merupakan satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh Anda saat terkena sinar matahari. Namun ada makanan sehat yang kaya akan vitamin D untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, simak.

Namun, hingga 50% populasi dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Ini dikarenakan sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dengan Mudah

Atau, kenakan tabir surya di luar ruangan atau makan makanan yang rendah vitamin D.

Nilai Harian yang Direkomendasikan (DV) adalah 800 Internasional Units (IU) atau 20 mikrogram (mcg) vitamin D per hari dari makanan.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup sinar matahari, asupan Anda harus 1.000 IU atau 25 g per hari.

Berikut tiga makanan sehat yang kaya vitamin D, dilansir Healthline:

1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D yang baik.

Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian AS (USDA), 100 gram salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D, atau 66% dari DV.

Rata-rata salmon tangkapan liar mengandung 988 IU vitamin D per 100 gram, atau 124% dari DV.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dengan Mudah

Beberapa penelitian telah menemukan konsentrasi yang lebih tinggi hingga 1.300 IU per 100 gram salmon liar.

Namun, salmon yang dibudidayakan hanya mengandung 25% dari jumlah ini. Hanya 100 gram salmon yang dibudidayakan menyediakan sekitar 250 IU vitamin D, atau 32% dari DV.

2. Kuning Telur

Perlu diketahui bahwa makanan yang berasal dari laut seperti halnya ikan adalah bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang bagus serta makanan bergizi yang sangat baik.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dengan Mudah

Sementara sebagian besar protein dalam telur terdapat pada putih telur, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar terdapat pada kuning telur.

Kuning telur yang khas mengandung 37 IU vitamin D, atau 5% dari DV.

Kadar atau kandungan vitamin D pada kuning telur sangat tergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pada pakan ayam.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dengan Mudah

Jika pakan yang sama diberikan, ayam di padang rumput yang berkeliaran di luar di bawah sinar matahari akan bertelur 3-4 kali lebih banyak.

Selain itu, telur dari ayam yang diberi makanan yang diperkaya dengan vitamin D dapat mengandung hingga 6.000 IU vitamin D per kuning telur. Itu adalah 7 kali DV.

Memilih telur, baik dari ayam yang dibesarkan di luar ruangan atau dipasarkan karena kandungan vitamin D-nya yang tinggi, bisa menjadi cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dengan Mudah

3. Jamur

Selain makanan yang diperkaya, jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D nabati yang baik. Jamur dapat mensintesis vitamin ini ketika terkena sinar UV.

Namun, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3. Sementara vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, mungkin tidak seefektif vitamin D3.

Meskipun demikian, jamur hutan merupakan sumber vitamin D2 yang sangat baik. Faktanya, beberapa strain mengemas hingga 2.300 IU per 100 gram, hampir tiga kali lipat DV.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dengan Mudah

Di sisi lain, jamur yang ditanam secara komersial sering ditanam dalam gelap dan mengandung sangat sedikit D2.

Namun, merek tertentu diperlakukan dengan sinar ultraviolet (UV). Jamur ini dapat memberikan 130-450 IU vitamin D2 per 100 gramnya.