Tips Rahasia Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC Selama 24 Jam

Tips berikut adalah pengalaman dari seorang netizen tentang Air Conditioner atau mesin pendingin ruangan yang biasa disebut AC. Beliau membagikan bagaimana caranya agar AC dapat digunakan selama 24 jam dan tidak boros alias hemat listrik.

Anda harus mengetahuinya, caranya silahkan simak tipsnya dibawah ini.

1. Suhu AC 26°C adalah suhu yang paling sesuai, nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit

Meskipun tubuh manusia dapat mengatur suhu tubuh sendiri, kemampuan ini juga ada batasnya. Jika suhu luar dan dalam berbeda terlalu jauh, Anda juga dapat dengan mudah sakit. 26 adalah suhu dalam ruangan yang paling cocok, dan suhu ini adalah yang paling ekonomis untuk AC Anda.

2. Ubahlah mode AC menjadi “Dry” jika udara terlalu panas dan lembab

Saat musim hujan, udara terasa lebih panas dan lembap, sehingga pada titik ini Anda perlu mengubah mode AC dari “dingin” menjadi “Dry”. Mode “Dry” ini tidak hanya dapat bertahan di udara lembab, tetapi juga dapat membantu Anda menghemat banyak!

Jika Anda mengaktifkan mode “Dingin”, kipas AC akan terus berputar dengan cepat hingga suhu ruangan menjadi dingin. Hal ini boros daya, namun saat Anda menyalakan mode “Dry”, kipas AC berputar lebih lambat dan mantap sehingga daya yang digunakan lebih irit.

3. Setelah menyalakan AC selama 3 jam, jendela harus dibuka

Banyak orang tidak mengetahui hal penting ini. Jika AC dinyalakan dalam ruangan tertutup selama 3 jam, udara di dalam tidak lagi segar, jika tidak ada pergantian udara dalam waktu 6 jam, udara di dalam ruangan sangat tercemar. Polusi udara ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jika Anda pernah mengalami gangguan pernapasan, flu, pusing dan suka berada di ruangan tertutup ber-AC, maka Anda harus mewaspadai masalah ini. Sebaiknya buka jendela setiap 3 jam dan nyalakan AC.

4. Arah mulut AC harus ke atas

Saat menyalakan AC, sesuaikan arah mulut AC ke atas agar angin AC akan mengisi ruangan lebih cepat dan stabil.

5. Tidur miring saat AC menyala

Tidur telentang di bawah angin AC dapat membuat mulut Anda kering, dan angin AC yang bertiup langsung ke tubuh Anda tidak baik untuk kesehatan Anda. Dokter Li dari Taiwan mengatakan yang terbaik adalah tidur miring saat membuka AC. Ini dapat mencegah Anda bernapas dengan membuka mulut dan membuat aliran udara lebih stabil.

6. Pertama buka AC lalu tutup jendela

Saat membuka AC, langkah-langkahnya penting: Anda harus terlebih dahulu memasuki ruangan, membuka AC, lalu menutup jendela. Tujuan membuka AC adalah untuk mengeluarkan terlebih dahulu udara kotor dari AC setelah memutar AC beberapa saat kemudian menutup jendela.

7. Jika Anda hanya berencana keluar ruangan sebentar, sebaiknya AC tidak perlu dimatikan

Banyak orang yang ingin hemat selalu mematikan AC saat bepergian dan menyalakannya kembali di rumah. Padahal cara ini justru membuat Anda semakin boros dan tidak baik untuk motor AC. Sistem pendingin udara yang terlalu sering dibuka dan ditutup dapat menyebabkan mesin “kelabakan” dan akhirnya rusak.

Ketika Anda menyalakan AC, daya listrik yang dikonsumsi mencapai 500-1000 watt, ini benar-benar dapat membuang listrik Anda! Jika Anda hanya bepergian dalam waktu singkat, misalnya 1 jam, lebih baik tidak mematikan AC, justru akan membuat Anda lebih hemat.

8. Saat memasuki ruangan, jangan terburu-buru menyalakan AC

Banyak orang yang pernah masuk ke ruangan yang panas langsung menyalakan AC. Jika Anda masuk dari suhu luar yang sangat tinggi dan segera menyalakan AC dengan suhu rendah, tubuh Anda tidak akan punya waktu untuk menyesuaikan dan membuat tekanan darah Anda tinggi dalam sekejap. Ini sangat tidak baik, terutama bagi orang-orang dengan jantung yang lemah.

Saat memasuki ruangan, jangan terburu-buru menyalakan AC, tunggu suhu tubuh menyesuaikan, lalu nyalakan AC.

Senang bisa berbagi, SEMOGA BERMANFAAT.