Mengagumkan, Inilah 6 Bahan Makanan Indonesia yang Tinggi Zat Besi

Apakah kamu rajin mengkonsumsi zat besi? seberapa penting kandungan zat besi bagi tubuh sehingga banyak orang dengan kondisi yang lemas dianjurkan untuk mengkonsumsi nutrisi ini. Lalu zat besi ini bisa kita temukan dari mana saja? mari kita kupas tuntas khasiat kandungan alam yang luar biasa ini.

Zat besi merupakan suatu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Zat besi berperan dalam membantu tubuh memproduksi hemoglobin yang berperan mengangkut oksigen dari paru paru menuju seluruh jaringan tubuh. Ia juga berperan membawa elektron dalam proses produksi energi dalam sel tubuh. Jadi bisa dibayangkan, apabila tubuh kita kekurangnya zat besi maka bisa dipastikan kinerja produktifitas tubuh dan kekuatan fisik akan terhambat. Dengan gejala seperti merasa kelelahan, sesak nafas, dan jantung berdebar menyerupai gejala anemia.

Dengan cukupnya kebutuhan zat besi dalam tubuh, kita tidak hanya terhindar dari anemia. Tapi juga dapat meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga meningkatkan konsentrasi. Sayangnya zat besi ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk mendapatkan khasiatnya, satu satunya cara adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara rutin.

Berikut 6 makanan dengan kandungan tinggi zat besi dan paling mudah di temukan di Indonesia :

1. BROKOLI


(100 gr Brokoli mentah mengandung 0.75 mg zat besi)
Salah satu jenis sayuran dengan kandungan zat besi tinggi adalah brokoli. Sayuran ini mudah ditemukan bahkan bisa ditanam sendiri di pekarangan rumah. Diantara bonus nutrisi lain yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi brokoli, adalah vitamin K, Magnesium, Vitamin C dan semua nutrisi tersebut sangat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Belum lagi kandungan antioksidan yang tinggi pada brokoli, mampu meningkatkan sistem imun dan mencegah proses penuaan dini.

Baca Juga  Inilah Penyebab Berat Badan Tidak Turun Meski Sudah Diet

2. BAYAM

(3.5 Ons / 100 gr Bayam Mentah mengandung 2.7 mg zat besi) – Headline
Masih dalam kategori sayuran hijau, Kandungan zinc 2.7 mg pada setiap 100gr bayam ini dilansir mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian hingga 15%. Sebagaimana sayuran hijau lain yang kaya akan nutrisi, bayam juga termasuk sebagai bahan makanan dengan kandungan vitamin C tinggi yang mampu menunjang penyerapan zat besi secara signifikan.

Selain itu kamu harus tahu lho, kandungan antioksidan dalam bayam disebut dengan karotenoid Karotenoid ini mampu mengurangi resiko kanker, mengurangi peradangan dan melindungi mata dari penyakit. Untuk meningkatkan penyerapan karotenoid pada bayam juga sayuran hijau lainnya, kita perlu mengonsumsinya dengan lemak. Jadi pastikan memilih jenis lemak yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa untuk mengoptimalkan manfaat dari bayam saat mengonsumsinya.

3. KEDELAI

(100 gr Kacang Kedelai mengandung 2 mg zat besi)
Selain memiliki nutrisi zat besi yang tinggi, kacang kedelai juga menyimpan kandungan mineral yang penting bagi tubuh. Yaitu jenis tembaga dan mangan. Kandungan tembaga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan pembuluh darah agar tetap sehat. Sedangan mangan berperan dalam menjaga kestabilan proses kimiawi dalam tubuh.

4. KERANG


(100 gr Kerang mengandung 5 mg zat besi)
Hampir semua jenis kerang kerangan mengandung zat besi tinggi meskipun kandungannya sangat bervariasi. Jadi ada Jenis kerang dengan kandungan zat besi yang jauh lebih rendah atau lebih tinggi dari jenis kerang lainnya. Zat besi dalam kerang masuk dalam kategori zat besi Heme atau Hemoglobin Hewani (Hemoglobin nonHeme = berasal dari tumbuhan). Zat besi Heme lebih mudah diserap oleh tubuh dari pada zat besi nonHeme. Tidak dipungkiri selain enak untuk dikonsumsi, kerang juga kaya akan protein hewani, protein, Vitamin C, DAN Vitamin B12 yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Baca Juga  MasyaAllah, Inilah Manfaat Kurma yang Luar Biasa untuk Kesehatan

5. KUNING TELUR


(100 gr Telur mengandung 1.2 mg zat besi)
Telur mengandung semua jenis mineral termasuk zat besi dan vitamin B. Namun perlu diketahui bahwa zat besi paling banyak ditemukan pada bagian kuning telurnya. Telur adalah salah satu jenis makan yang sangat mudah ditemukan dan digemari banyak orang dengan berbagai macam olahan makanan. Khasiat yang didapatkan dari kuning telur tidak hanya nutrisi zat besi yang tinggi, tapi juga menjadi sumber vitamin D alami sehingga sangat baik untuk membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan tulang, gigi dan kesehatan otot.

6. IKAN

(85 gr Ikan Tuna mengandung 1.4 mg zat besi)
Ikan adalah salah satu jenis bahan makanan yang tidak dipungkiri sangat bergizi. Kandungan zat besi pada ikan seperti ikan tuna, salmon, dan sarden sangat tinggi kandungan zat besinya. Contohnya 1.4 zat besi pada ikan tuna mampu mencukupi 8 persen kebutuhan zat besi harian tubuh. Kandungan lain pada ikan yang tidak kalah populernya adalah kandungan asam lemak omega-3, Niasin, Selenium dan Vitamin B12. Jenis Omega-3 yang terkandung pada ikan adalah jenis lemak sehat yang berperan dalam menunjang kesehatan jantung, otak, dan metabolisme tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *