Aplikasi E-Master untuk Berbagai Layanan Pemerintah

Berbagai layanan pemerintah telah berhasil dipindahkan dari sistem tatap muka ke sistem online.

Hal ini menjadi sangat penting dan menjadikan layanan lebih praktis dan efisien terutama pada saat pandemi seperti sekarang. Salah satunya adalah layanan E-Master yang dikembangkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

E-Master adalah aplikasi yang diperuntukkan kepada ASN yaitu pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah yang bekerja pada instansi pemerintah.

Melalui E-Master, berbagai pelayanan kepegawaian tetap dapat dilakukan secara optimal dalam berbagai batasan yang diberlakukan oleh Pemprov Jatim.

Pada era yang sangat maju pada bidang teknologi seperti pada saat ini sangat penting memiliki data pribadi berbasis IT untuk mendukung layanan pribadi yang terintegrasi.

Dengan aplikasi ini semua ASN diwajibkan untuk mengisi data pribadi melalui alamat tautan http://master.bkd.jatimprov.go.id/asn akan menjadi sumber data untuk klasifikasi kuadran kompetensi PNS.

Melalui E-Master, tidak kurang dari 7.204 ASN yang berhasil dilayani proses kenaikan pangkatnya pada periode April 2020. Pelayanan tersebut telah dirincikan untuk 3.603 pegawai pemerintah provinsi Jawa Timur dan 3.601 pegawai pemerintah kabupaten / daerah se-Jawa Timur.

Atas pencapaian tersebut, Jawa Timur menjadi provinsi tertinggi secara nasional dalam memberikan pelayanan tersebut.

Selain melayani kenaikan pangkat juga melayani 405 pegawai yang mengajukan pensiun melalui e-Master pada kuartal pertama tahun 2020. Semuanya bisa terselesaikan dengan baik.

e-Master telah membawa berbagai manfaat bagi layanan kepegawaian. Mulai dari sistem informasi data ASN hingga sistem layanan manajemen kepegawaian.

Dalam satu aplikasi, E-Master memiliki beberapa fungsi yang memudahkan pengelolaan ASN, termasuk menerapkan manajemen berbasis sistem merit.

Sistem merit dapat diimplementasikan dengan baik karena database kepegawaiannya lengkap, valid, terkini dan terintegrasi. E-Master juga memiliki fungsi layanan dan laporan kepegawaian serta fungsi untuk analisis perencanaan dan pengembangan ASN.

Di tengah pembatasan waktu kerja ASN, Pemprov Jatim juga berhasil melakukan promosi dan mutasi jabatan kepada kepala sekolah.

Selain itu, layanan online untuk manajemen kepegawaian BKD menawarkan dukungan penting dalam pencarian staf medis selama pandemi. Merekrut perawat, dokter, dan profesional kesehatan pendukung lainnya.

Dengan jumlah ASN di Jatim sebanyak 78.359, penggunaan E-Master tentunya akan membantu mempercepat proses pelayanan kepegawaian. ASN juga bisa memantau semua urusan kepegawaian ASN dan log in secara langsung.