Bahaya, Jangan Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong

Banyak orang melewatkan waktu sarapan dan langsung makan siang. Ini biasanya menyebabkan perut mereka menjadi sangat lapar di kemudian hari.

Saat perut kosong, Anda merasa seperti bisa makan semuanya dalam jumlah banyak. Hal ini menyebabkan pola makan kita menjadi sangat tidak terkontrol saat Anda sangat lapar.

Makan terlalu sedikit atau melewatkan waktu makan adalah hal-hal yang membuat kita makan berlebihan. Selain itu, hal itu menuntun kita untuk makan camilan berkalori tinggi.

Kondisi ini dapat menyebabkan bahaya seperti mual, diare, muntah, dan keracunan makanan. Ini karena saluran pencernaan menjadi kosong setelah beberapa saat. Makanan tertentu bisa sangat buruk bila dikonsumsi dengan perut kosong.

Sejumlah makanan bergizi dan bernutrisi sebenarnya kurang baik jika disantap saat perut kosong. Menurut Boldsky, ada sejumlah makanan di sini yang tidak boleh dimakan saat perut kosong dan sangat lapar.

Hindari buah dan sayur dibawah ini

1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang menyehatkan karena kaya akan nutrisi, dapat menurunkan kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, dan masih banyak lagi. Meski begitu, mengonsumsi alpukat saat perut kosong bisa berdampak negatif. Kandungan lemak pada alpukat dicerna dengan sangat lambat dan bisa menyebabkan mual.

2. Sayuran Mentah

Sayuran sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh, namun dalam keadaan mentahnya, makanan tersebut sebaiknya dihindari saat perut kosong. Ini bisa membuat Anda merasa sangat kenyang dan kemudian menurunkan gula darah Anda. Sayuran berserat tinggi juga bisa sangat sulit dicerna dan menyebabkan gas.

Baca Juga  Kamu Wajib Tahu, Inilah Fakta Tentang Bahaya Mie Instan

3. Buah dalam Jumlah Banyak

Makan apel atau pisang mungkin tidak menjadi masalah saat perut kosong. Namun, jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah besar, gula darah bisa melonjak seketika dan menyebabkan rasa lelah dan lapar setelah 30-60 menit. Asam dalam buah juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

4. Energy Bars

Energy bars dapat memberi Anda suntikan energi yang Anda butuhkan, tetapi efek ini tidak dapat terjadi saat perut Anda kosong. Makanan ini bisa membuat stres saat perut kosong sehingga menghasilkan gas saat tubuh mencoba mencerna makanan.

5. Protein Shakes

Beberapa protein shake mengandung whey, yang dapat merusak jika dikonsumsi saat perut kosong. Ini bisa menimbulkan efek berupa gas, kram, dan diare.

6. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan berprotein tinggi yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna dengan baik. Makan daging merah saat perut kosong bisa menambah beban perut untuk mencerna protein, menyebabkan masalah perut, dan merasa terlalu kenyang.

7. Kopi

Minum kopi di pagi hari dengan perut kosong bisa berdampak negatif bagi tubuh. Ini bisa melepaskan asam klorida ke dalam sistem pencernaan, menyebabkan kadar asam di lambung naik dan menyebabkan masalah pencernaan.

8. Keripik

Keripik adalah salah satu makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong. Makanan ini cenderung tinggi garam, sehingga tidak baik untuk pencernaan saat perut kosong.

9. Permen karet

Banyak orang mengira mengunyah permen karet bisa membuat Anda merasa kenyang. Namun, melakukan ini dengan perut kosong bisa menyebabkan sakit perut dan mual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *