Cara Mudah Melacak Lokasi Seseorang Melalui WhatsApp

Cara Melacak Lokasi

Terkadang kita ingin tahu keberadaan pasangan, anak atau siapapun, masih di kantor atau sedang nongkrong atau dimanapun. Kamu dapat melacaknya dengan WhatsApp dengan mudah.

Ada beberapa cara menggunakan WhatsApp untuk mencari lokasi orang lain. Ada cara yang terbuka dan ada juga cara diam-diam.

Baca Juga  Cara Membuat Foto Bernyanyi dengan Aplikasi Reface

Bagikan Lokasi Langsung

Salah satu cara terbuka untuk mengetahui keberadaan seseorang adalah dengan menanyakannya secara langsung dan memintanya untuk berbagi lokasi langsung. Seperti berikut:

  • Saat chat di WhatsApp, tekan gambar klip kertas untuk melampirkan file
  • Klik Lokasi, lalu pilih Bagikan Lokasi Langsung
  • Pilih opsi untuk berapa lama Kamu ingin membagikan lokasi. Opsinya adalah 15 menit, 1 jam, dan 8 jam
  • Klik Kirim langsung atau juga bisa dengan menambah obrolan. Nah, sekarang lokasi sudah bisa diketahui
Baca Juga  Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Tanpa Google Drive

Nah, mungkin seseorang tidak ingin secara sukarela berbagi Lokasi Berbagi Langsung. Kamu bisa melakukan metode yang kedua.

Cara Diam-diam

Menggunakan Grabify.link

Jika Kamu tidak ingin ketahuan melacak seseorang di WhatsApp, inilah triknya: gunakan Grabify.link. Cara rahasianya adalah dengan berbagi link dengan si target, tetapi link tersebut terlebih dahulu sudah kita pasang pelacak lokasi. Simak caranya:

Baca Juga  Cara Membuat Foto Bergerak Bernyanyi dengan Aplikasi Anyface

1. Pilih URL atau link/tautan apapun untuk dibagikan dengan target. Itu bisa berupa tautan video YouTube favoritnya, tautan berita menarik, tautan tim sepak bola favoritnya, atau apa pun.

2. Buka grabify.link, salin dan tempel url ke “Enter a valid URL or tracking code”. Kemudian Klik “Create URL”.

3. Halaman baru terbuka dengan informasi tentang pemendek url baru grabify.link, tetapi pelacak telah diinstal. Bagikan tautan “URL Baru” di WhatsApp seseorang target Kamu tetapi jangan tutup halaman Grabify ini.

Baca Juga  Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

4. Jika tautan tersebut dibuka oleh si target, kembali ke halaman Grabify dan refresh halaman. Grabify akan menampilkan hasil pelacakan berupa tanggal, alamat IP, kota, ISP, dll. Dari perangkat target Kamu. Nah, alamat IP itu penting.

5. Buka halaman iplocation.net. Salin alamat IP target Kamu dan masukkan ke dalam Pencari Lokasi IP. Akan muncul Geolokasi latitude dan longitude

Baca Juga  Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Koneksi Internet

6. Buka Google Maps di kolom pencarian, salin dan tempel latitude dan longitude dengan format berikut: latitude (spasi) longitude. Abrakadabra..! Lokasi target pun tampil di Google Maps.

Dengan langkah 4 dan 5 Kamu sudah berhasil mengetahui dimana area target Kamu berada. Namun, lokasinya bisa lebih detail dengan Google Maps.