Kini Perpanjang SIM Bisa Dari Rumah, Begini Caranya!

SIM Online

Surat Izin Mengemudi (SIM) berlaku selama lima tahun. Sebelum masa berlakunya habis, ada baiknya kartu SIM diperpanjang.

Kartu SIM perlu diperpanjang masa berlakunya karena merupakan syarat mengemudikan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor di jalan raya.

Jika sebelumnya masa berlaku kartu SIM didasarkan pada tanggal lahir pemilik, sekarang didasarkan pada tanggal penerbitan.

“Sesuai ketentuan, SIM berlaku lima tahun terhitung sejak tanggal dikeluarkan, bukan berdasarkan tanggal lahir lagi” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo baru-baru ini.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan yang memiliki SIM perlu berhati-hati lagi dalam mengingat kapan kartu SIM itu dicetak.

Beberapa program unggulan untuk mendukung program presisi Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo siap digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia

Salah satunya terkait dengan pembaruan SIM (Surat Izin Mengemudi) baik A maupun C. Pemilik SIM tidak harus datang ke Satpas untuk perpanjang SIM.

Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Istiono, mengatakan permohonan perpanjangan kartu SIM online sedang disiapkan dan diterbitkan pada April 2021.

Sementara itu, Direktur Pendaftaran dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf membenarkan hal tersebut.

“Saat ini Aplikasi masih dalam proses pengujian dan akan diluncurkan pada tanggal 12 April” ujarnya.

Yusuf mengatakan aplikasi ini sementara hanya untuk perpanjangan SIM A dan C saja. Untuk pembuatan kartu SIM baru masih belum dapat menggunakan aplikasi SIM Nasional Presisi atau Sinar.

Cara Perpanjang SIM

Aplikasi saat ini belum tersedia di App Store atau Play Store. Nantinya, setelah aplikasi siap diunduh, pemohon tidak perlu lagi mendaftar di Satpas.

Baca Juga  Pemerintah Bakal Bagi-bagi SIM Gratis, Ini Syaratnya!

Yang diperlukan hanya nomor NIK KTP dan atau nomor SIM yang sudah pernah dibuat sebelumnya.

Dari data NIK dan nomor SIM tersebut dapat diketahui bahwa sebelumnya pemohon sudah terdaftar dan telah membuat SIM sebelumnya. Kalau yang palsu, otomatis sistem akan mendeteksinya dan akan dibatalkan.

Kemudian yang harus dilakukan pemohon adalah mengikuti instruksi hingga pembayaran dan memilih mekanisme pengambilan SIM baru.

Biaya Perpanjangan SIM

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, biaya perpanjangan SIM diatur seperti di bawah ini. Anda akan menemukan detail tentang jenis SIM dan biaya pembaruannya:

• SIM A: Rp.80.000
• SIM B1: Rp.80.000
• SIM B2: Rp.80.000
• SIM C: Rp 75.000
• SIM C1: Rp 75.000
• SIM C2: Rp 75.000
• SIM D: Rp 30.000
• SIM D khusus D1: Rp.30.000
• Kartu SIM Internasional: Rp 225.000

Pemilik SIM yang tidak memenuhi batasan yang berlaku harus membuat kembali SIM Card baru dengan mekanisme dan biaya pembuatan SIM baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *