Jangan Buang, Inilah Daftar Manfaat Biji Buah Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Biji Alpukat

Biji alpukat sering kali dibuang begitu saja. Biji alpukat mengandung lebih dari 70% antioksidan, menjadikannya sumber makanan yang sangat baik dengan berbagai manfaat kesehatan.

Meski terkesan tidak biasa, Anda bisa mengonsumsi dan mencampurkannya untuk membuat jus atau smoothies. Biji alpukat juga bisa ditumbuk secara terpisah menjadi bubuk dan ditaburkan ke dalam makanan.

Berikut beberapa manfaat biji alpukat bagi kesehatan, seperti dilansir Surfside Guardian.

1. Sumber Antioksidan yang Sangat Tinggi

Sebuah penelitian menemukan bahwa biji alpukat mengandung 70% antioksidan untuk membantu mencegah stres oksidatif pada tingkat sel dalam tubuh.

2. Membantu Mencegah Kanker

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menemukan obat untuk berbagai jenis kanker. Ada sebuah penelitian yang baru-baru ini menarik perhatian untuk menemukan hubungan antara biji alpukat dan pencegahan Acute Myeloid Leukemia (AML). Senyawa yang dikenal sebagai Avocatin B yang ditemukan dalam biji alpukat tidak hanya menghancurkan sel kanker AML, tetapi juga tidak memiliki efek samping negatif pada sel darah sehat yang tidak dapat ditemukan dalam pengobatan kanker saat ini.

3. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Biji alpukat mengandung serat larut dan senyawa anti inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi gas dan menghilangkan racun serta limbah yang dapat menyebabkan komplikasi.

4. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat larut dalam biji alpukat dipercaya dapat membantu membersihkan sistem kardiovaskular dari penumpukan plak dan kolesterol, sehingga mencegah penyakit jantung, gagal jantung, dan stroke.

Baca Juga  Menyehatkan, Begini Cara Minum yang Dicontohkan Nabi Muhammad

5. Mencegah Ketidakseimbangan Gula Darah

Biji alpukat adalah tambahan yang sempurna untuk smoothies atau makanan apa pun karena sumber seratnya yang kaya membantu menyeimbangkan asupan gula dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *