Buruan Masih Ada Kuota! Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka

Kuota program Kartu Prakerja telah memenuhi target yakni sebesar 2,7 juta orang setelah manajemen senior (PMO) membuka pendaftaran gelombang 16 kemarin.

Sebanyak 2,7 peserta dibagi menjadi gelombang 12 hingga 16. Setiap gelombang memiliki kuota 600.000 orang, hanya gelombang 16 yang mencakup 300.000 orang.

Meski telah mencapai target kuota, pendaftaran gelombang 17 tetap akan dibuka oleh PMO Kartu Prakerja. Jumlah kuota tersebut akan diambil dari peserta yang belum mengeluarkan dana pelatihan. Terutama yang dari gelombang 12.

Baca Juga Inilah Tips Agar Lolos Kartu Prakerja

“Kami masih memantau perkembangan penerima kartu prakerja dalam membeli pelatihan pertama” kata Louisa Tuhatu, ketua komunikasi PMO kartu prakerja.

Sesuai aturan yang berlaku, batas waktu pembelian program pelatihan adalah 30 hari setelah ditentukan. Akibatnya, jika Dana Pembelian Program tidak digunakan dan telah melebihi batas waktu yang ditentukan, status keanggotaan akan dicabut.

“Untuk gelombang 12, Batas waktu pembelian pelatihan pertama adalah 1 April 2021 pukul 23.59 WIB,” ucapnya.

Baca Juga Inilah Syarat Agar Dapat BLT Subsidi Gaji

Misalnya, Louisa mengatakan PMO akan memiliki opsi untuk membuka pendaftaran gelombang 17 jika ada bukti bahwa ada peserta yang dicabut statusnya karena tidak membelanjakan dana untuk program pelatihan.

“Kalau tidak, keikutsertaannya ditarik. Nanti kita bisa buka gelombang tambahan untuk menampung ini,” ujarnya.

Melalui program kartu prakerja, pemerintah memberikan insentif bagi pesertanya. Setiap peserta dapat menerima Rp 3.550.000. Dari jumlah tersebut Rp 1.000.000 tidak dapat ditebus karena untuk biaya pelatihan, jika tidak mengikuti pelatihan maka kepesertaan akan hangus dan uangnya akan dikembalikan ke kas negara.

Baca Juga Simak Inilah Syarat Agar Mendapatkan Subsidi Listrik Hingga 50%

Baca Juga  Inilah Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar) 2021

Sisanya Rp 2.550.000 bisa dipegang masyarakat jika mereka mengikuti pelatihan kartu prakerja. Nantinya manfaat ini akan diberikan setelah mengikuti pelatihan yang akan diberikan sebesar Rp. 600.000 selama empat bulan dan jika menyelesaikan survei tiga kali akan menerima insentif tambahan sebesar Rp.150.000.

Hot News Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *