Simak Inilah Syarat Agar Mendapatkan Subsidi Listrik Hingga 50%

Pemberian insentif atau subsidi listrik bagi masyarakat kecil, pelaku ekonomi seperti industri dan dunia usaha serta bagi mereka yang terdampak COVID-19 diperpanjang hingga Juni 2021.

Pemberian insentif berupa potongan listrik sebesar 50% dan 25%.

Pelanggan 450VA bersubsidi menerima diskon 50% dengan imbalan token listrik gratis yang disediakan oleh pemerintah sejak April 2020 dan hanya hingga Maret 2021. Sementara itu, pelanggan 900VA bersubsidi akan mendapatkan diskon 25% dan ini hanya berlaku hingga Maret 2021.

Baca Juga  Guru Honorer dan non PNS Dapat BSU Rp1,8 Juta, Daftar Disini

Baca Juga Cair Lagi, Inilah Syarat Agar Mendapatkan BLT Subsidi Gaji

“PLN siap mendukung dan melaksanakan keputusan pemerintah untuk terus memberdayakan masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terkena dampak Covid-19. Karena perluasannya, saya yakin distribusi akan lancar”, kata Direktur Komersial dan Manajemen Pelanggan PLN. Bob Saril dalam keterangan tertulisnya, Senin (22 Maret 2021).

Baca Juga  Inilah Cara dan Syarat Diterima Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19

Untuk menjaga insentif ini, khususnya bagi pelanggan pascabayar, diberikan potongan harga dengan cara mengurangi tagihan listrik pelanggan secara langsung dan untuk pelanggan prabayar, potongan tarif listrik diberikan saat membeli token listrik.

“Pelanggan prabayar 450 VA tidak perlu mengakses token, baik melalui Internet, layanan WhatsApp maupun PLN Mobile. Insentif tersebut langsung diterima saat membeli token power,” tambah Bob.

Baca Juga  Mudah Banget, Begini Cara Daftar Program Indonesia Pintar (PIP) 2021

Baca Juga Tips Agar Lolos Kartu Prakerja

Untuk pelanggan rumah tangga, bisnis dan pascabayar industri energi 450 VA, diskon langsung diberikan saat pembayaran tagihan listrik seiring dengan perubahan tingkat stimulus.

“Kami secara khusus mengingatkan pelanggan pascabayar dengan 450 VA harus melakukan pembayaran lagi mulai April 2021. Tapi tentunya dengan diskon insentif 50%,” kata Bob.

Baca Juga  Begini Cara Dapatkan Bantuan Rp 300 Ribu Per Bulan dari BLT Desa

Baca Juga Buruan Cek Disini Syarat dan Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Berikut daftar lengkap penerima Stimulus Diskon Listrik PLN periode April hingga Juni 2021:

1. Pelanggan dengan rumah tangga 450 VA, usaha kecil 450 VA dan industri kecil 450 VA mendapat potongan tarif listrik sebesar 50% untuk jangka waktu pemakaian maksimal 720 jam operasional.

Baca Juga  Begini Cara Mudah Mencairkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta

2. Pelanggan rumah tangga 900 VA Bersubsidi mendapat tarif listrik 25% dengan pemakaian maksimal 720 jam.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50% bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen dan pembebasan ketentuan rekening minimum, secara otomatis diberi insentif dengan menurunkan tagihan rekening listrik untuk konsumen sosial, bisnis, dan industri.

Baca Juga  Begini Cara Buat Akun Pendaftaran Kartu Prakerja

Diskon 50% hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya penggunaan rekening minimum.

Hot News Begini Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud