Honda Akan Pindahkan Pabrik dari India ke Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Honda Motor Company, sebuah perusahaan otomotif Jepang, akan memindahkan pabriknya dari India ke Indonesia. Selain itu, mereka siap meningkatkan investasi di dalam negeri sebesar Rp 5,2 triliun sampai pada tahun 2024.

“Honda berjanji akan menambah investasi sekitar 5,2 triliun sampai pada 2024,” kata Agus, Jumat (12/3/2021).

Perusahaan juga berjanji akan memberi izin ekspor komponen suku cadang mobil ke sembilan negara lain. Negara yang dimaksud adalah Thailand, Malaysia, Vietnam, Jepang, Pakistan, Arab Saudi, dan tiga negara Timur Tengah lainnya yang belum dia sebutkan.

Pasalnya, negara-negara tersebut merupakan bagian dari rantai pasokan global untuk industri otomotif. Honda dikabarkan juga berencana memperluas jaringan ekspornya ke 31 negara di Asia, Afrika dan Amerika.

Selain itu, Honda akan mengembangkan model-model baru dalam produksi kendaraannya. Hal tersebut sedang dipromosikan Agus untuk memperbanyak varian yang ada di pasaran.

Tidak hanya Honda, pabrikan mobil Jepang lainnya seperti Toyota dan Suzuki juga akan merampingkan arus investasinya ke Indonesia. Toyota telah berjanji untuk meningkatkan investasi sekitar $ 2 miliar atau Rp. 28 triliun sampai pada tahun 2024.

Sedangkan Suzuki akan menyuntikkan dana baru sekitar Rp 1,2 triliun ke dalam negeri. Periode yang sama sampai tahun 2024.

Baca Juga  Aneh bin Ajaib, Mobil Avanza Mendadak Berada di Tengah Hutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *