Buruan Cek Disini! Syarat dan Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta

BLT UMKM

BLT UMKM akan dilanjutkan kembali pada tahun 2021. Bantuan sosial, yang juga dikenal dengan Banpres Usaha Mikro Produktif (BPUM), direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun ini.
Yang perlu diketahui, bagaimanapun, nilai BLT lebih rendah dibanding tahun lalu. Pada tahun 2020 nilai BLT sebesar Rp 2,4 juta, sedangkan pada tahun 2021 BLT diberikan Rp. 1.2 juta.

“Penambahan BPUM pada 2021 ditetapkan pemerintah sebesar Rp 1,2 juta dan akan dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi  dan UKM pada Maret tahun ini,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani.

Sementara itu Kementerian Koperasi dan UKM mengingatkan kita melalui akun Instagram @kemenkopukm untuk selalu update informasi seputar BLT UMKM dari sumber resmi yaitu dari media sosial @kemenkopukm dan website www.kemenkopukm.go.id. Dalam laporan itu, Kemenkopukm juga mengingatkan komitmen pemerintah dalam membantu pengusaha UKM bertahan saat pandemi.

Sambil menunggu program berlangsung, ada baiknya pemangku kepetingan UMKM yang berniat mendapatkan BLT untuk mempersiapkan kondisi berikut ini.

A. Persyaratan BLT UMKM

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Memiliki usaha mikro seperti yang tertera pada Calon Penerima dan Surat Permohonan BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan.
4. Bukan ASN, Anggota TNI / Polri, Pegawai BUMN atau BUMD
5. Saat ini tidak ada pinjaman atau pembiayaan yang diterima dari bank dan KUR
6. Bagi pengusaha mikro yang alamat KTP dan lokasi usahanya berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Dua syarat terakhir untuk BLT UMKM tercantum dalam Friendly Ask Question (FAQ) BPUM di website Kemenkop UKM. Untuk membuat SKU, klik https://oss.go.id/portal.

Baca Juga  Cair Lagi, Inilah Syarat Agar Mendapatkan BLT Subsidi Gaji

B. Daftar BLT UMKM

Untuk informasi pendaftaran BLT UMKM dapat dilihat pada prosedural Pengajuan Calon Penerima BPUM pada Pedoman Pelaksanaan BPUM. Begini caranya:

1. Calon penerima BPUM disarankan oleh pelamar BPUM
2. Pemohon menyampaikan usulan data calon penerima BPUM kepada Menteri cq. Deputi program BPUM sekaligus atau secara bertahap terdiri dari:

NIK
Nama lengkap
Alamat rumah sesuai KTP
Area bisnis
Nomor telepon

3. Para pengusul penerima BLT UMKM adalah:

Dinas yang bertanggung jawab atas koperasi dan UKM
Koperasi yang disahkan sebagai badan hukum
Kementerian atau lembaga
Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK

Mekanisme daftar BLT UMKM tidak menyebutkan pengusaha bisa mengaksesnya lewat www.depkop.go.id. Bantuan bisa diperoleh jika ada yang mengusulkan bidang usaha tersebut menerima bantuan. Website www.depkop.go.id menjadi referensi resmi semua informasi terkait BLT UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *